• +62 31 8667540

  • +62 31 8668989 (24 jam)

  • Stasiun Meteorologi Juanda

  • Bandar Udara Juanda - Sidoarjo

  • 08:00 - 16:00

  • Senin sampai Jumat

BMKG Jawa TImur Adakan Forum MKG Prov. Jawa Timur Ke-18

image
18 December

Mojokerto (05/12/2018),- Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, peribahasa itu tampaknya cocok dengan kegiatan Forum MKG Prov. Jawa Timur ke-18 Tahun 2018. Bagaimana tidak, hadir memenuhi undangan Chief Of Party APIK Paul Jeffery dalam acara Peluncuran Sistem Peringatan Dini Berbasis Komunitas Untuk Ketangguhan Masyarakat, kegiatan pertemuan Forum MKG Provinsi Jawa Timur ke-18 Tahun 2018 ikut bergabung dalam acara tersebut. Forum MKG kali ini diselenggarakan di Balai Desa Kalikatir, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto bersama dengan Masyarakat Desa Kalikatir dan sekitarnya. Sesuai dengan tema forum kali ini Sosialisasi “Info BMKG untuk Masyarakat Kalikatir Mojokerto” masyarakat diajak duduk bersama dan berdiskusi mengenai info MKG yang selama ini mereka terima. Hadir pada forum tersebut KUPT Stasiun MKG se Jawa Timur, serta Forecaster dan Pegawai perwakilan UPT Stasiun MKG Jawa Timur. 

Kegiatan Forum ini dibuka oleh ketua forum MKG Jawa Timur Anung Suprayitno, S.Si. yang dalam sambutannya memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas partisipasi dan kehadiran masyarakat Desa Kalikatir dan sekitarnya serta berharap forum ini semakin lebih baik. Anung Suprayitno, S.Si. menyampaikan kepada peserta forum untuk identifikasi bencana agar resiko bencana alam dapat dikurangi. Hal-hal yang dapat dilakukan diantarannya masyarakat diharapkan mampu memahami bencana apa saja yang sering terjadi, seberapa sering bencana tersebut terjadi, dampaknya apa saja, seberapa cepat informasi peringatan dini sampai ke Masyarakat ketika bencana terjadi, dan bagaimana upaya penyelamatan jiwa dan aset yang mereka miliki. Anung juga menambahkan informasi bahwa puncak musim hujan diprakirakan akan terjadi pada bulan Januari sampai dengan Februari 2019.

Kegiatan diisi dua sesi penyampaian materi, sesi pertama oleh Ahmad Fauzi, ST., Stasiun Geofisika Tretes Pasuruan yang menyampaikan materi gempa bumi dan Swasti Ayudia Priyatmayanti, S.Si. dengan materi Banjir dan Longsor. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah antar peserta forum MKG Jawa Timur. Dengan diadakanya kegiatan rutin ini diharapkan kebersamaan dan kekompakan yang terjalin selama ini menjadi jauh lebih baik, sehingga mampu memantapkan kerjasama, sinergitas dan koordinasi antar Stasiun MKG se-Jawa Timur. Forum kali ini langsung mengajak Masyarakat untuk berdiskusi bersama, Ini menjadi bukti bahwa kami BMKG Siap berada ditengah-tengah masyakat untuk selalu memberikan informasi Cuaca, Prakiraan Musim dan Iklim serta Gempa secara lebih cepat, akurat dan mudah untuk dipahami.

Acara USAID

Sambutan Chief Of Party APIK Paul Jeffery

Peserta Forum

Pembukaan Forum

Pemaparan Materi Gempa Bumi

Pemaparan Materi Banjir dan Longsor

Sesi Tanya Jawab

Foto Bersama