• +62 31 8667540

  • +62 31 8668989 (24 jam)

  • Stasiun Meteorologi Juanda

  • Bandar Udara Juanda - Sidoarjo

  • 08:00 - 16:00

  • Senin sampai Jumat

Membahas Musim Pancaroba, Kasmet Juanda Surabaya Live di BBS TV Surabaya

image
12 April

Surabaya, Senin (03/04/2018), Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya mendapatkan kesempatan untuk menjadi narasumber pada Acara Live BBS TV Surabaya “BBS TALK” yang disiarkan langsung di Studio BBS TV Surabaya Pukul 19.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB dengan tema "Pancaroba, Waspadai Cuaca Buruk". Hadir memenuhi undangan sebagai narasumber pada acara tersebut Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya Mohammad Nurhuda, S.T. dan Praktisi Universitas Airlangga Surabaya Dr. Suparto Wijoyo, S.H., M.Hum.

Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya dalam dialog tersebut memberikan penjelasan bahwa pada musim pancaroba seperti saat ini kondisi cuaca cenderung ekstrem tetapi kejadian fluktuatif tidak merata sehingga dapat mengakibatkan hujan lebat, angin kencang dan berpotensi terjadi angin puting beliung juga tanah longsor . Untuk itu BMKG menghimbau agar masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca ekstrim khususnya di kawasan sekitar pegunungan dan bantaran sungai dimana cuaca dapat berubah sewaktu waktu. Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya juga berpesan kepada Masyarakat untuk terus mengikuti update informasi cuaca yang diberikan BMKG baik melalui media masa, website ataupun media sosial yang sudah dapat diakses dengan sangat mudah.

Dalam dialog tersebut Praktisi UNAIR Surabaya memberikan penjelasanya bahwa kejadian bencana tidak selalu karena cuaca, sistem tata ruang yang salah juga bisa menjadi penyebabnya. Bencana juga dapat terjadi karena ulah manusia itu sendiri, diantaranya membuang sampah sembarangan, penggundulan hutan dan reklamasi hutan yang tidak tepat. Untuk itulah Praktisi UNAIR Surabaya menghimbau masyarakat untuk merubah perilaku tersebut. Dan untuk mengurangi jumlah korban jiwa dan kerugian materi yang ditimbulkan akibat bencana masyarakat dihimbau untuk memantau perkembangan informasi cuaca yang rutin diberikan BMKG.

Acara ditutup foto bersama dengan narasumber dan pembawa acara BBS TV Surabaya. Dengan seringnya Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya mendapatkan kesempatan sebagai narasumber diharapkan masyarakat Jawa Timur bisa mendapatkan informasi cuaca secara cepat dan tepat serta dapat mengenal BMKG lebih dekat sehingga masyarakat dapat menerima informasi cuaca dan iklim dari sumber yang terpercaya.