• +62 31 8667540

  • +62 31 8668989 (24 jam)

  • Stasiun Meteorologi Juanda

  • Bandar Udara Juanda - Sidoarjo

  • 08:00 - 16:00

  • Senin sampai Jumat

KUNJUNGAN BELAJAR SD MUHAMMADIYAH GKB I GRESIK DI BMKG JUANDA SURABAYA

image
23 March

Surabaya, Selasa (20/03/2018) Siswa dan Siswi SD Muhammadiyah GKB I Gresik melakukan study Tour di Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 125 Siswa/ Siswi dan didampingi oleh 10 orang guru. Kedatangan kali ini bukan merupakan kunjungan yang pertama, tetapi sudah menjadi agenda rutin dari Siswa dan Siswi Kelas 5 (lima) SD Muhammadiyah GKB I Gresik. Para siswa dan siswi disambut langsung oleh Kepala Seksi Observasi Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya Bpk. Rofiq Isa Mansur, S.Si. dalam sambutanya mengucapkan selamat datang dan terimakasih telah mejadikan Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya sebagai salah satu tujuan Study Tour kali ini.

Siswa dan siswi diperkenalkan dengan tugas pokok dan fungsi Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya dan dilanjutkan pemberian materi tentang cuaca dan iklim yang dipaparkan oleh Jihan Ainul Rohmah, S.Kom. Kemudian untuk Materi pengamatan udara atas oleh Rudi Kasianto, ST., Siswa dan Siswi diberikan materi tata cara pengamatan udara atas dan peralatan apa saja yang dipergunakan. Selanjutnya Kunjungan dilakukan di ruang observasi Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya yang disambut oleh kepala kelompok observasi Ruji Sistanto sekaligus menjadi pemateri, memaparkan secara umum kegiatan opersaional yang dilakukan di observasi dan mengajak Siswa dan Siswi mengenal jenis-jenis peralatan yang ada pada taman alat beserta fungsi dari alat-alat tersebut. Siswa dan Siswi SD Muhammadiyah GKB I Gresik sangat antusias mengikuti dan mempelajari materi yang diberikan, sehingga kegiatan study tour berlangsung cukup seru dan menarik.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Siswa dan siswi tentang BMKG serta produk informasi cuaca BMKG secara umum dan pengenalan peralatan meteorologi serta kegiatan pengamatan cuaca yang ada di Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya. Study Tour ini diharapkan dapat dilakukan secara rutin sehingga Siswa dan Siswi bisa mengenal BMKG lebih dekat dan dapat memahami begitu pentingnya informasi cuaca BMKG untuk Masyarakat. Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya berterimakasih untuk kunjungannya dan memberikan apreasiasi yang setinggi-tingginya atas inisiatif melakukan kegiatan Study Tour ini dan Kegiatan ditutup dengan foto bersama pemateri.