• +62 31 8667540

  • +62 31 8668989 (24 jam)

  • Stasiun Meteorologi Juanda

  • Bandar Udara Juanda - Sidoarjo

  • 08:00 - 16:00

  • Senin sampai Jumat

KEGIATAN FORUM MKG KE-16 UPT BMKG JAWA TIMUR

image
12 March

Dalam rangka koordinasi penyebarluasan informasi MKG di Jawa Timur dan mempererat kebersamaan serta kekompakan antar Stasiun MKG se-Jawa Timur, dilaksanakan kegiatan pertemuan Forum MKG Provinsi Jawa Timur ke-16 Tahun 2018 dengan mengambil tema "Melalui Forum MKG Kita Tingkatkan Mutu Layanan Prima Untuk Masyarakat Jawa Timur". Bertempat di kantor Stasiun Klimatologi Karangploso Malang, Pertemuan rutin tersebut dihadiri oleh Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya dan seluruh KUPT Stasiun MKG se Jawa Timur, serta Forecaster dan Teknisi perwakilan UPT Stasiun MKG Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya Mohammad Nurhuda, ST. selaku Koordinator Stasiun MKG Jawa Timur. Dalam sambutannya beliau mengharapkan forum MKG Jawa Timur ini bisa menjadi semakin lebih baik dan koordinasi antar Stasiun MKG Jawa Timur semakin solid dalam memajukan Provinsi Jawa Timur untuk informasi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sehingga masyarakat Provinsi Jawa Timur menjadi semakin lebih mudah mendapatkan informasi MKG. 

Kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) kelas, kelas pertama yaitu kelas pemaparan terkait dinamika atmosfer oleh Forecaster Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya, pemaparan draft prakiraan musim oleh Forecaster Stasiun Klimatologi Karangploso Malang, pemaparan terkait gelombang laut oleh Forecaster Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya dan dilanjutkan paparan dari Stasiun Geofisika Tretes Pasuruan dan Stasiun Geofisika Sawahan Nganjuk terkait potensi gempa dan potensi petir di Jawa Timur. Kelas kedua oleh para teknisi membahas pembuatan program info MKG terpadu dan pelayanan jasa terpadu. Dalam kegiatan ini ketua forum MKG Jawa Timur Anung Suprayitno, S.Si. juga memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas partisipasi dan kehadiran peserta forum MKG Jawa Timur dan berharap forum ini semakin lebih baik. 

Dari forum tersebut dihasilkan beberapa risalah sebagai rekomendasi terkait draft awal musim kemarau di Provinsi Jawa Timur, kondisi dinamika atmosfer untuk satu bulan kedepan, kondisi gelombang untuk satu bulan kedepan serta dibuatnya informasi sebaran petir Provinsi Jawa Timur. 

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah antar peserta forum MKG Jawa Timur. Dengan diadakanya kegiatan rutin ini diharapkan kebersamaan dan kekompakan yang terjalin selama ini menjadi jauh lebih baik, sehingga mampu memantapkan kerjasama, sinergitas dan koordinasi antar Stasiun MKG se-Jawa Timur.